ppid@riau.go.id (0761) 45505
Pemprov Riau Siapkan Kawasan Tahura SSH sebagai Pusat Wisata Alam dan Edukasi 

Pemprov Riau Siapkan Kawasan Tahura SSH sebagai Pusat Wisata Alam dan Edukasi 

  • PPID UTAMA
  • 11 October 2023
  • 272 View

PEKANBARU - Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim (Tahura SSH) memiliki potensi wisata dengan ciri khas hutan alam, danau dan sungai serta flora dan fauna endemik yang ada di dalamnya.

Dalam kawasan ini juga terdapat pusat Latihan gajah (PLG) yang akan dikembangkan menjadi pusat wisata edukasi bagi generasi selanjutnya. Menyadari potensi Tahura SSH, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan mengembangkan kawasan blok pemanfaatan sebagai pusat wisata alam dan edukasi bagi masyarakat Riau.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dalam sambutannya pada acara ekspos hasil kerjasama penyusunan DED Tahura SSH dan Kajian Konflik dan Kelembagaan, Rabu (11/10/23) di Ruang Sidang Senat Gedung Andi Hakim Nasoetion Rektorat IPB menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Riau akan mengembangkan potensi wisata alam dan edukasi di blok pemanfaatan Tahura SSH.

Pemprov Riau melalui kerjasama dengan Pertamina Hulu Rokan dan Institut Pertanian Bogor telah menuntaskan penyusunan DED Tahura SSH dan Kajian Konflik dan Kelembagaan.

“Kita akan kembangkan potensi wisata alam dan wisata edukasi Tahura SSH ini dengan sebaik mungkin. Tentu dalam merencanakan ini kita serahkan kepada ahlinya. Kerjasama telah kita lakukan antara Pemprov melalui DLHK, PHR dan IPB dan hari ini sudah tersusun DED-nya. Ini merupakan dokumen penting bagi pengembangan Tahura SSH ke depannya” ungkap Gubri.

Ekspos hasil kerjasama penyusunan DED yang disampaikan langsung oleh Wakil Dekan Fakultas Kehutanan IPB Dr Nandang Kosmaryandi di hadapan Gubernur Riau, Pertamina Hulu Rokan, Kepala Dinas LHK memperlihatkan rencana pengembangan objek wisata di Tahura diantaranya objek wisata danau, jogging track, jalan akses wisata, gedung pertemuan, tempat parkir, areal publik dan areal private serta berbagai objek lainnya.

Uniknya DED yang disusun oleh para ahli IPB ini tidak melupakan ciri khas arsitektur Riau, seluruh bangunan dirancang dengan nuansa Kemelayuan. Sehingga, para pengunjung yang nantinya akan datang betul-betul merasakan berada di Bumi Lancang Kuning Riau. Kondisi juga akan menjadi objek edukasi bagi generasi Riau mendatang agar mengetahui rancang bangun bernuansa melayu.

Sementara Kadis DLHK Riau Maamun Murod menyatakan bahwa penyusunan DED merupakan upaya dalam rangka untuk mengembangkan Tahura SSH ke arah yang lebih baik. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata dan edu ekowisata. Sehingga tahura akan terjaga dengan baik dan lestari.

"Harapan kita tentu Tahura tak sekedar pelestarian ekosistem hayati. Tetapi ke depan bisa menjadi sarana edukasi berbasis ekowisata," ungkap Murod.

Turut hadir dalam acara tersebut seluruh Tim Ahli penyusunan DED Tahura SSH dan Kajian Konflik dan Kelembagaan, Kepala Dinas LHK Provinsi Riau, Pihak Pertamina Hulu Rokan salaku mitra pendukung, Kepala Biro Kesra, Kepala UPT KPHP Minas Tahura dan jajarannya. 

 

 



(Mediacenter Riau/sa)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir